• Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id.
  • Mari belajar Drama Lewat Blog
  • Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id.

RPP KLS XII SEM GASAL SMK/SMA " Teks Cerita Sejarah".

Kamis, 13 Agustus 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMK Negeri 1 Surakarta
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/semester            : XII/ Gasal
Materi Pokok              : Teks Cerita Sejarah
                                       KD 3.1, 3.2, dan 3.3
Alokasi Waktu            : 6 x 45 menit (3 x pertemuan)

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cermainan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan  dari yang dipelajarinya  di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
KD 1.1:  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan    
                menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untukmempersatukan
              bangsa
KD 1.2:  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
              menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
              menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks
              ceritasejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
KD 1.3:  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
                menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,  
                dan  menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita,
              iklan, editorial/opini, dan novel.
KD 2.1:  Menunjukkan perilaku jujur, responsif dan santun dalam menggunakan
                bahasa Indonesia untuk menyampaikan cerita sejarah tentang tokoh-tokoh
              nasional dan internasional.
KD 3.1 :             Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan,
              editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
              tulisan
  KD 3.2 :  Membandingkan teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan
                cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
KD 3.3:   Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
              fiksi dalam  novel baik melalui lisan maupun tulisan



C.    Indikator Pencapaian Kompetensi

1.1.1        Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan  
menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa

1.2.1.  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan  
            menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan,  
           dan menganalisis informasi lisan dan tulis
1.3.1   Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
            menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan   
           menyajikan informasi lisan dan tulis

2.1.1    Menunjukkan perilaku jujur, responsif dan santun dalam menggunakan bahasa
          Indonesia.

3.1.1    Menjelaskan struktur teks cerita sejarah.
3.1.2   Menjelaskan kaidah  teks cerita sejarah.
 3.2.1   Menemukan perbedaan struktur  teks cerita sejarah
 3.2.2   Menemukan perbedaan kaidah teks cerita sejarah
 3.2.3   Menemukan persamaan struktur teks cerita sejarah
3.2.4   Menemukan persamaan kaidah teks cerita sejarah
 3.3.1   Menentukan isi teks cerita sejarah
 3.2.2   Menentukan makna teks ceritasejarah

D.    Materi Pembelajaran
1.      Struktur teks cerita sejarah
a.         Orientasi
b.         Urutan peristiwa sejarah  tahap 1
c.         Urutan peristiwa sejarah  tahap 2
d.        Urutan peristiwa sejarah  tahap ... dst
e.         reorientasi
2.      Kaidah teks cerita sejarah
a.       Kelas kata (verba dan nomina)
b.      Konjungsi temporal
c.       Afiksasi
3.      Isi dan makna teks cerita sejarah

E.     Kegiatan Pembelajaran

1.      Pertemuan Pertama: (2JP)
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan
Pendahuluan










Apersepsi














Pernyataan/
Identifikasi masalah













Pengumpulan data







































Menarik kesimpulan
a.    Siswa memberi salam hormat kepada guru, berdoa, dan mengkondisikan diri siap belajar.
b.   Siswa bertanya jawab (dengan siswa yang lain dan guru) berkaitan dengan materi teks cerita sejarah yang akan dipelajari bertanggung jawab dan disiplin.
c.    Siswa menyimak tujuan pembelajaran dan manfaat menguasai materi pembelajaran dengan jujur dan bertanggung jawab.
d.   Siswa menyimak pokok-pokok/cakupan meteri pembelajaran dengan jujur dan bertanggung jawab

Mengamati
1)  Peserta didik membaca model teks cerita sejarah berjudul “Sejarah Hari Buruh.”

Menanya
2) Peserta didik mengidentifikasi masalah yang relevan dengan bahan bacaan diantaranya diarahkan untuk menanyakan fungsi teks cerita sejarah, bentuk atau strukturnya.
3) Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, siswa memilih dan merumuskan salah satu di antaranya dalam bentuk hipotesis.


Mengumpulkan Informasi
4)  Peserta didik membentuk kelompok belajar (misal setiap kelompok tersiri dari 5 peserta didik) sesuai arahan guru dengan mempertimbangkan kemampuan akademik, ras, dan gender.
5)  Peserta didik mengumpulkan informasi yang dapat mengidentifikasi siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana peristiwa pada teks  “Sejarah Hari Buruh” ( hlm. 7-8)
6)  Peserta didik menyusun periode sejarah secara kronologis, sesuai dengan urutan waktu dari peristiwa teks cerita “Sejarah  Hari Buruh”. Untuk kegiatan ini, siswa melengkapi kolom yang terdapat dalam buku siswa tugas 1 nomor 2 dan 3 halaman 9-12.
7)  Peserta didik menentukan struktur yang membangun teks “Sejarah Hari Buruh”dengan mengisi kolom struktur teks  pada buku siswa tugas 1 nomor 4 halaman 13-16.
8)  Peserta didik  mengidentifikasi kaidah kebahasaan yang terdapat pada teks “Sejarah Hari Buruh” dengan mengelompokkan nomina dan verba dengan mengisi kolom halaman  18-19.
9)  Peserta didik mengidentifikasi konjungsi temporal  dalam teks “Sejarah Hari buruh”  dengan mengisi kolom halaman 21.
10)      Peserta didik mengidentifikasi afiks pembentuk nomina   dalam teks Sejarah Hari buruh yang dibaca dengan mengisi kolom halaman


Mengasosiasi/ Mengolah Informasi
11)      Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh dari hasil kegiatan sebelumnya untuk menentukan  struktur teks cerita sejarah. Kegiatan ini menggunakan bagan struktur teks cerita sejarah halaman 17.

Mengomunikasikan
12)   Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi.
13)   Peserta didik menanggapi hasil diskusi.
10 menit














Kegiatan Inti **)












































10 menit










10 menit














15 menit









15 menit






15 menit
Kegiatan Penutup
1.      Peserta didik dibimbing guru melakukan analisis terhadap pemecahan masalah yang telah ditemukannya dan memberikan simpulan.
2.      Peserta didik mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks laporan hasil observasi.
3.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
4.      Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru mengenai struktur teks cerita sejarah.
5.      Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
15 menit


2.      Pertemuan kedua: ( 2 JP)

Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan

















Apersepsi














Orientasi pada siswa




Mengorganisasi siswa dalam belajar

Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri dan kelompok










Mengembangkan dan menyajikan hasil karya









Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah







Menarik kesimpulan
1)      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi Peserta didik dan kelas
2)      Peserta didikmerespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3)       Peserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4)      Peserta didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran
5)   Peserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya.
Mengamati
Peserta didik membaca  teks cerita sejarah berjudul  “Sejarah Hari Buruh”  dan teks “Peristiwa Pembentukan ASEAN”

Menanya
Peserta didik memberikan tanggapan dan pendapat terhadap permasalahan tersebut.

Mengumpulkan data
Peserta didik membentuk kelompok belajar sesuai arahan guru dengan mempertibangkan kemampuan akademik, gender, dan ras.

Peserta didik membaca dua teks cerita sejarah “Sejarah Hari Buruh”  dan teks “Peristiwa Pembentukan ASEAN” dengan cermat.
Mengasosiasi
Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing guru menemukan kelebihan dan kekurangan teks cerita sejarah.

Mengomunikasikan
peserta didik menjawab permasalahan yang telah diidentifikasi mengenai persamaan dan perbedaan struktur dan kaidah dua teks cerita sejarah “Sejarah Hari Buruh”  dan teks
“Peristiwa Pembentukan ASEAN”

Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dan menarik kesimpulan di depan kelas.



Peserta didik dalam kelompok lain memberikan tanggapan.

Peserta didik dengan dibimbing guru mengambil kesimpulan.
Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yangtelah dipelajari.



10 menit



Kegiatan Inti **)



10 menit












10 menit









15 menit











15 menit






15 meni

Kegiatan Penutup
a.    Siswa dan guru menyimpulkan materi yang diajarkan tentang menginterpretasi teks cerita sejarahdengan jujur, bertanggung jawab, dan disiplin.
b.    Siswa melalui refleksi terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi dengan jujur, tanggung jawabdan disiplin.

15 menit


3.      Pertemuan ketiga: ( 4 JP)

Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan












Apersepsi














Pernyataan/
Identifikasi masalah





Pengumpulan data













































Menarik kesimpulan






















a.       Siswa memberi salam hormat kepada guru, berdoa, dan mengkondisikan diri siap belajar.
b.   Siswa bertanya jawab (dengan siswa yang lain dan guru) berkaitan dengan materi teks cerita sejarah yang akan dipelajari bertanggung jawab dan disiplin.
c.    Siswa menyimak tujuan pembelajaran dan manfaat menguasai materi pembelajaran dengan jujur dan bertanggung jawab.
d.   Siswa menyimak pokok-pokok/cakupan meteri pembelajaran dengan jujur dan bertanggung jawab


Mengamati
Peserta didik membaca model teks cerita sejarah berjudul “Sejarah Hari Buruh” (hlm. 7-8)

Menanya
Peserta didik mengidentifikasi masalah yang relevan dengan bahan bacaan diarahkan untuk menanyakan isi teks yang dibaca

Mengumpulkan informasi
a.       Peserta didik membentuk kelompok belajar (misal setiap kelompok tersiri dari 5 peserta didik) sesuai arahan guru dengan mempertimbangkan kemampuan akademik, ras, dan gender.
b.      Peserta didik mengupas lebih dalam mengenai peristiwa sejarah Hari Buruh
c.       Peserta didik mengerjakan tugas 1 dan tugas 2  halaman39 mengenai isi teks dan nilai-nilai kearifan

Mengasosiasikan
a.       Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh dari hasil kegiatan sebelumnya untuk menganalisis isi cerita sejara dengan mengerjakan tugas 2 halaman 39-41.

Mengomunikasikan
a.       Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi.
b.      Peserta didik menanggapi hasil diskusi
b.  Siswa dibimbing guru mendiskusikan aturan main dan pemilihan aktivitas yang dapat mendukung pelaksanaan proyek
c.  Siswa mendiskusikan sumber/bahan/alat pendukung pelaksanaan proyek
d. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai penilaian
e. Dalam diskusi kelompok masing-masing siswa mendiskusikan dan merencanakan proyek berupa penentuan fase atau tahapan penyusunan teks cerita sejarah

a.  Siswa membuat timeline pemilihan dan penyiapan proyek
b.    Siswa mendiskusikan deadline untuk menyelesaikan proyek menyusun teks cerita sejarah kelompok
c.    Siswa mendiskusikan dan membuat jadwal atau waktu pelaksanaan penyelesaian setiap fase atau tahapan yang ada dalam penyusunan teks  opini editorial yang akan ditulisnya.


a.     Siswa mengidentifikasi dan mencatat hal-hal yang berkaitan dengan fase untuk penulisan teks cerita sejarah
b.        Siswa mengonsultasikan  permasalahan atau kendala dalam menyelesaikan penulisan teks cerita sejarah
c.       Siswa memperbaiki hasil tulisan berdasarkan hasil konsultasi

a.     membaca kembali teks cerita sejarah yang sudah ditulis dan memperbaiki jika masih terjadi kesalahan dengan mengacu pada point-point penilaian yang disepakati pada tahap perencanaan
b.    Siswa menempelkan teks cerita sejarah yang sudah dibuatnya di tempat yang sudah disediakan (mading kelas)
c.     Siswa melakukan kegiatan shooping model, yaitu mengunjungi, membaca, dan menanggapi teks cerita sejarah kelompok lain

a.    Siswa melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil tugas proyek yang sudah dilaksanakan
b.    Siswa mengemukakan pengalamannya selama menyelesaikan tugas proyek
c.    Siswa  mendengarkan umpan balik terhadap proses yang telah dilaksanakan dan produk yang telah dihasilkan

10 menit
Kegiatan Inti **)





































































10 menit






30 menit














30 menit











30 menit












30 menit















30

Kegiatan Penutup
a.     Siswa dan guru menyimpulkan materi yang diajarkan tentang memproduksi teks cerita sejarahdengan jujur, bertanggung jawab, dan disiplin.
b.    Siswa melalui refleksi terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi dengan jujur, tanggung jawabdan disiplin.

20 menit

F.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.Teknik penilaian : tes dan non tes
2. Instrumen penilaian

 Pertemuan Pertama
  1) Penilaian sikap
Lembar Penilaian Sikap

Mata Pelajaran  :   Bahasa Indonesia
 Kelas/Semester :  XII/1
 Materi Pokok    :  Teks cerita sejarah
 Indikator             :  Peserta didikmenunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan santun  dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menyampaikan cerita sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dan internasiona

No.
Nama Siswa
Tanggung jawab
Peduli
santun
Jumlah
   Skor                  Nilai
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.














2.














3.














4.















Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
 4 = sangat baik
 3 = baik
 2 = cukup
 1 = kurang
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 4
             Jumlah skor maksimal

2)   Pengetahuan
a)    pilihan ganda
Terlampir


 b) Uraian
      Terlampir

Penilaian nontes:
Observasi diskusi dan tanya jawab
Nama Peserta
Didik
Pernyataan
Jumlah
Pengungkapan gagasan yang orisional
Kebenaran konsep
Ketepatan penggunaan istilah
Ya
tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Atun








Bagong








....










Pertemuan Kedua

1)        Penilaian sikap

Instrumen: Penilaian Diri
Nama :
Kelas  :
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.

NO
Pernyataan
Ya
Tidak
1.
Selama mengerjakan tugas kelompok saya selalu responsif dengan teman satu kelompok


2.
Saya mencatat data dengan teliti sesuai dengan fakta


3.
Saya melakukan tugas sesuai dengan jadwal yang dirancang


4.
Saya mengerjakan tugas  dengan mengunakan literatur


5.
Saya mengerjakan tugas selalu dengan berdiskusi dalam kelompok



Keterangan:
Ya    = 2
Tidak= 1

 Nilai = jumlah skor yang dperoleh  x 4
                Skor maksimal

2)     Keterampilan
4.1 menginterpretasi teks opini editoriaal

Instrumen                     
Pertemuan ketiga
1)      penilaian sikap
Instrumen:
Penilaian Antarpeserta Didik
Topik/subtopik     :                                                                          Nama:
Tanggal penilaian :                                                                          Kelas:

No
Perilaku
Dilakukan/muncul
Ya
Tidak
1
Responsif terhadap materi dan komentar teman


2
Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar


3
Menerima pendapat teman


4
Mencatat data dengan teliti dan sesuai dengan fakta


5
Melaksanakan tugas sesuai dengan jadwal yang dirancang



Keterangan;
Ya    = 2
Tidak= 1
Nilai ; Jumlah skor yang diperoleh
           Jumlah skor maksimal






WK. 1 Bidang Kurikulum                                              Surakarta,           Juli  2015
                                                                                        Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia


Drs  Juni Irianto                                                                 Esti Suryani, M. Pd
NIP 19620601 198903 1 015                                          NIP 19690228 20080 1 2 015



Megetahui                                                                                          
Kepala SMK Negeri 1 Surakarta                                   


Drs.  Rohmad, M. Pd                                                                             NIP 19630409 198703 1 010     




2 comments:

Fahry bin Nurdin mengatakan...

Mantap.. makasih bu

Fahry bin Nurdin mengatakan...

Mantap.. makasih bu

Posting Komentar

 
BAHASA DAN SASTRA SANG MERPATI PUTIH © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates