RPP KLS XII SEM GASAL SMK/SMA " Teks Cerita Sejarah".
Kamis, 13 Agustus 2015
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Negeri
1 Surakarta
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/semester : XII/
Gasal
Materi
Pokok : Teks Cerita Sejarah
KD 3.1, 3.2, dan 3.3
Alokasi
Waktu : 6 x 45 menit (3 x pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cermainan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
KD 1.1: Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan
menggunakannnya sesuai dengan kaidah
dan konteks untukmempersatukan
bangsa
KD 1.2: Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam
memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks
ceritasejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel
KD 1.3: Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakan-nya sebagai sarana
komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan menyajikan
informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan novel.
KD 2.1: Menunjukkan perilaku jujur, responsif
dan santun dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk menyampaikan
cerita sejarah tentang tokoh-tokoh
nasional dan
internasional.
KD 3.1 : Memahami
struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini,
dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan
KD 3.2 : Membandingkan
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita
fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
KD 3.3: Menganalisis
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannnya
sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2.1.
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan
menggunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam
memahami, menerapkan,
dan menganalisis
informasi lisan dan tulis
1.3.1
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakan-nya
sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis
2.1.1 Menunjukkan
perilaku jujur, responsif dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia.
3.1.1 Menjelaskan
struktur
teks cerita sejarah.
3.1.2 Menjelaskan kaidah teks cerita sejarah.
3.2.1 Menemukan perbedaan struktur teks cerita sejarah
3.2.2 Menemukan perbedaan kaidah teks cerita
sejarah
3.2.3 Menemukan persamaan struktur teks
cerita sejarah
3.2.4 Menemukan persamaan kaidah teks cerita
sejarah
3.3.1 Menentukan isi teks cerita sejarah
3.2.2 Menentukan makna teks ceritasejarah
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Struktur teks cerita sejarah
a.
Orientasi
b.
Urutan peristiwa sejarah tahap 1
c.
Urutan peristiwa sejarah tahap 2
d.
Urutan peristiwa sejarah tahap ... dst
e.
reorientasi
2.
Kaidah teks cerita sejarah
a.
Kelas kata (verba dan nomina)
b.
Konjungsi temporal
c.
Afiksasi
3.
Isi dan makna teks cerita sejarah
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan
Pertama: (2JP)
2.
Pertemuan
kedua: ( 2 JP)
3.
Pertemuan
ketiga: ( 4 JP)
F.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.Teknik penilaian : tes dan non tes
2. Instrumen penilaian
Pertemuan
Pertama
1) Penilaian sikap
Lembar Penilaian Sikap
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII/1
Materi
Pokok : Teks cerita sejarah
Indikator :
Peserta didikmenunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menyampaikan cerita sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dan internasiona
Kolom Aspek
perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
Nilai
= Jumlah skor yang diperoleh x 4
Jumlah skor maksimal
2)
Pengetahuan
a)
pilihan
ganda
Terlampir
b) Uraian
Terlampir
Penilaian nontes:
Observasi diskusi dan tanya jawab
Pertemuan Kedua
1)
Penilaian sikap
Instrumen: Penilaian Diri
Nama :
Kelas :
Bacalah baik-baik setiap
pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu
yang sebenarnya.
Keterangan:
Ya = 2
Tidak= 1
Nilai = jumlah
skor yang dperoleh x 4
Skor maksimal
2) Keterampilan
4.1 menginterpretasi teks opini editoriaal
Instrumen
Pertemuan ketiga
1)
penilaian sikap
Instrumen:
Penilaian
Antarpeserta Didik
Topik/subtopik :
Nama:
Tanggal penilaian : Kelas:
Keterangan;
Ya = 2
Tidak= 1
Nilai ; Jumlah skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
|
WK.
1 Bidang Kurikulum Surakarta, Juli 2015
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Drs Juni Irianto Esti Suryani, M. Pd
NIP
19620601 198903 1 015 NIP 19690228 20080 1 2 015
Megetahui
Kepala SMK
Negeri 1 Surakarta
Drs. Rohmad, M. Pd NIP 19630409 198703 1 010
Tentang Esti
Keseharian disibukkan dengan membimbing anak-anak didiknya dan 3 anak di rumahnya yang lapang di Sukoharjo. Setelah menyelesaikan pendidikan S2 UNS digunakan waktunya untuk kegiatan-kagiatan karya dan penikmat seni dan sastra. Baginya hidup sebuah keikhlasan dan tanggungjawab yang ternyata mampu jadi teman setia untuk setiap langkah-langkahnya.
3 comments:
Mantap.. makasih bu
Mantap.. makasih bu
terima kasih bu contoh rppnya
Posting Komentar