Menyusun Teks Pidato kelas X
Selasa, 26 Maret 2013
STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : 12. Mengungkapkan
informasi melalui penulisan paragraf dan
teks pidato
A.
KOMPETENSI DASAR :
12.4 Menyusun
teks pidato
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·
Menyusun
teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami
·
Menyunting
teks pidato tulisan teman
C.
MATERI PEMBELAJARAN :
1. Pengertianpidato
2. Tujuan pidato
3. Metode pidato
4. Langkah-langkah
pidato
5. Struktur
pidato/khitobah
6. Kerangka pidato/khitobah
MATERI:
1. Pengertian pidato,
Kegiatan berbicara di depan
umum oleh seseorang tentang suatu masalah.
2. Tujuan pidato ada 5 meliputi:
a. Persuasif/mendorong dan
mengajak:
Memberi semangat dan dorongan
moral kepada pendengar. Untuk mengajak pendengar mau melakukan suatu tindakan.
b. Eksposisi/Instruktif/menginformasikan:
Menyampaikan
informasi atau menambah pengetahuan
pendengar.
c. Rekreatif atau menghibur:
memberikan
hiburan pada pendengar.
d. Argumentif atau
meyakinkan:
Menyakinkan
pendapat atau menambah pengetahuan pendengar.
3. Metode pidato,
Dibedakan menjadi 4 :
a. Naskah atau membaca yaitu pidato yang dilakukan dengan membaca
naskah,
b. Menghafal yaitu pidato
yang dilakukan dengan menghafal naskah,
c. Ekstemporan yaitu pidato yang dilakukan dengan berpedoman pada
kerangka pidato
d. Impromtu yaitu
pidato yang dilakukan tanpa naskah atau tanpa persiapan,
seseorang langsung berpidato
4. Langkah-langkah pidato
a.
Meneliti masalah, meliputi hal-hal berikut.
1) menentukan maksud,
2) menganalisis pendengar dan situasi,
3) memilih dan menentukan topic
b.
Menyusun uraian, meliputi hal-hal berikut.
1) mengumpulkan bahan,
2) membuat kerangka pidato,
3) menguraikan secara mendetail.
c.
Mengadakan latihan
Berlatih dengan suara nyaring.
4. Struktur pidato:
a. Pembuka: Beisi gambaran awal tentang garis besar isi pidato yang akan
disampaikan. Pendahuluan berfungsi mempersiapkan pendengar dari segi emosi,perhatian, dan pemikirannya.
b. Isi: Berisi uraian lengkap tentang
permasalahan yang dibahas dalam pidato.
c. Penutup: Berisi kesimpilan, penegasan, ajakan, anjuran, atau rangkuman.
5. Contoh sistematika (kerangka) pidato
berbentuk khitobah:
a.Basmalah
b.Salam Pembuka
c.Doa Pembuka
d.Ucapan puji Syukur
e.Ucapan
sholawat dan salaam
f.Isi Materi : 1). tujuan/tema
2). Kal.pembuka Materi
3). Dalil
Al-Quran
4). arti
Dalil dalam Al-Quran
5).
Penjelasan Dalil
6). Hikmah yang diambil
g. Penutup
h. Kesimpulan dan Saran
i. Doa
Penutup
6. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam
menyampaikan pidato:
a. Menyampaikan materi secara lengkap, runtut, jelas, dan
terhindar darikesalahan
maupun kekeliruan.
b. Memperhatikan dengan cermat semua unsur
kebahasaan meliputi: lafal,intonasi,
nada, dan volume suara.
c. Mempersiapkan unsur nonkebahasaan meliputi:
a). Sikap, ketika berpidato hendaknya bersikap wajar,
tenang, dan tidak kaku.
b). Pandangan mata, menebarkan pandangan ke arah pendengar
agar pendengar
merasa diperhatikan sehingga
pendengar akan memberikan perhatian juga
pada pembicara.
c). Gerak-gerik dan mimik tepat, Mengontrol dan menghindari
kebiasaan monoton
dalam ucapan maupun gerakan,
seperti menggaruk-garuk kepala, memasukan
tangan ke saku, atau melihat
langit-langit ruang.
Tentang Esti
Keseharian disibukkan dengan membimbing anak-anak didiknya dan 3 anak di rumahnya yang lapang di Sukoharjo. Setelah menyelesaikan pendidikan S2 UNS digunakan waktunya untuk kegiatan-kagiatan karya dan penikmat seni dan sastra. Baginya hidup sebuah keikhlasan dan tanggungjawab yang ternyata mampu jadi teman setia untuk setiap langkah-langkahnya.
0 comments:
Posting Komentar